Sabtu, 19 Oktober 2013

Cara Merawat Monitor Laptop Anda Agar Awet Part 2

1 comment
touch screen
Langsunga saja pembaca setia KELAS FAVORITE
Berikut tips untuk merawat monitor kesayangan anda :

1. Mencabut kabel power supply komputer atau monitor dari stop kontak
Jangan lupa, apabila kita sudah selesai menggunakan komputer, segera matikan tombol on/off monitor dan cabut juga kabel yang menghubungkan komputer atau monitor Anda dengan stop kontak. Dengan demikian, tidak ada lagi aliran listrik yang akan masuk ke komputer Anda.

2. Mematikan monitor ketika komputer sedang idle
Kadang kala, kita sedang men-defragmentasi file-file di hardisk. Dari pada Anda menunggu proses defragmentasi itu selesai, lebih baik Anda jalan-jalan sebentar sekitar 30 menit dan matikan pula monitor Anda.

3. Monitor yang berada di ruangan ber-AC
Bagi Anda yang menggunakan komputer di dalam ruangan yang ber-AC, Anda sungguh beruntung, karena AC dapat mendinginkan komponen-komponen elektronik di komputer maupun monitor. Tetapi, perlu dilihat, apakah posisi monitor Anda tepat berada di bawah AC? Bila ya, jangan sampai ada tetesan air AC yang menetes ke monitor. Awas, bisa terjadi hubungan arus pendek jika terkena air.

4. Monitor yang berada di ruangan TIDAK ber-AC
Pastikan bahwa ruangan tersebut mempunyai aliran udara, seperti jendela atau lubang angin yang mencukupi. Boleh juga menambahkan kipas kecil di atas monitor Anda supaya udara panas segera keluar dari perangkat monitor Anda.

5. Bersihkan monitor seminggu sekali
Cukup dengan kemoceng bisa Anda kipas-kipaskan untuk membersihkan debu-debu yang menempel. Apabila punya waktu luang, bersihkan dengan kain dan pembersih khusus perangkat komputer.

Dijamin monitor Anda akan berusia lebih panjang! Semoga panjang umur: monitorku!

Sumber: Harian Umum Kompas

1 komentar:

  1. kira2 bisa tahan brp tahun sih gan kalo dirawat scr baik?

    BalasHapus