Jumat, 18 Oktober 2013

Cari Kuliah Murah ??? Baca Dulu !!

1 comment
Kuliah Murah di jakarta

Pembaca Setia  KELAS FAVORITE kali ini saya akan memberikan anda sedikit pengetahuan perbedaan antara Universitas, Institut, Sekolah Tinggi dan Akademi ???dan biaya kuliah nya mahalan yang mana Universitas Murah yang mana ? Memngingat UN sudah dekat dan anda akan segera lulus  mudah mudahan artikel ini bermanfaat untuk adek - adek calon - calon mahasiswa dan Mahasiswi.Banyak disekolah - sekolah yang tidak memberikan penjelasan apa yang akan saya jelaskan berikut ini. Dan tidak sedikit banyak siswa yang masih bingung kemana dia akan lulus atau kenapa dia harus kuliah.
Mudah mudahan tulisan yang singkat ini dapat membantu adek - adek yah ok lanjut ini dia penjelasan dari abang hehe.

Apa sih bedanya Universitas, Institut, Sekolah Tinggi dengan Akademi?



Apa bedanya ?
Universitas adalah perguruan tinggi yang mempunyai program studi paling beragam: eksakta, sosial, teknologi sampai sastra yang dikelompokkan dalam fakultas-fakultas. Institut hampir mirip dengan universitas, bedanya hanya membuka pendidikan dalam ilmu sejenis, misalnya IPB (Institut Pertanian Bogor). Bisa dikatakan hampir semua fakultasnya mempunyai landasan yang berkaitan dengan dunia pertanian (pertanian, perikanan, perhutanan, dll). Sedangkan Sekolah Tinggi adalah PT yang menyelenggarakan hanya satu program profesi sesuai dengan spesialisasinya, misalnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi. Adapun Akademi atau Politeknik biasanya hanya menyelenggarakan satu jurusan atau program studi dan menekankan pada pendidikan kejuruan yang menggembleng mahasiswa dalam hal keterampilan praktek kerja dan kemampuan untuk mandiri.

PTS belum tentu lebih buruk dari PTN
Persaingan untuk masuk PT Negeri memang sangat ketat. Wajarlah kalau banyak yang gugur. Nah, salah satu alternatif untuk melanjutkan keinginan jadi mahasiswa adalah kuliah di PT Swasta.

Untuk yang berkocek tebal memang bisa memilih PT yang bagus dan sudah terjamin mutunya. Namun bagaimana dengan yang koceknya pas-pasan?. Harus diketahui bahwa belantara PTS lebih ruwet dibanding PTN, wajar aja kalo banyak yang bingung nentuin pilihan. Harus diketahui bahwa tidak semua program studi di PTS itu kualitasnya dibawah PTN. Bahkan ada program studi di PTS yang kualitasnya lebih baik dari PTN.

Dari UT sampai Beasiswa
Bagaimana dengan kamu-kamu yang pengen banget kuliah tapi dibatasi oleh faktor ekonomi alias “No Money” … ?. Jangan putus asa, kamu bisa kuliah di Universitas Terbuka (UT). Biayanya bisa dibilang sangat murah, dan sistem belajar yang tidak mengikat waktu  dan tidak hanya menampung lulusan SMU. Tapi memang dituntut disiplin diri yang sangat kuat (bukan berarti sekolah selain di UT nggak disiplin, lho …). "Keterbukaan" UT memang sangat menarik. Siapa saja bisa melanjutkan pendidikan tanpa dibatasi usia, pekerjaan, profesi juga jenjang pendidikan yang ditempuh, kuncinya adalah disiplin!.

Buat kamu-kamu yang koceknya seret juga bisa manfaatin beasiswa. Tapi untuk memperoleh beasiswa memang ada syaratnya, biasanya adalah seorang yang berprestasi tinggi, kadang ditambah dengan syarat lain seperti aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Secara umum beasiswa diprioritaskan bagi mahasiswa yang tingkat ekonominya kurang mampu. Kamu harus jeli melihat lembaga-lembaga apa saja yang memberikan beasiswa. Ada banyak lembaga yang cukup terkenal baik oleh pemerintah maupun swasta. Bisa juga memanfaatkan beasiswa belajar ke suatu negara atas biaya negara yang bersangkutan. Salah satu negara yang cukup royal memberikan beasiswa adalah Jepang. Untuk beasiswa seperti ini saingannya memang nggak kalah keras, yang penting usaha!.

Nah gimana siap memasuki bangku Perguruan Tinggi ?berharap kamu-kamu bisa berpikir bijaksana dalam menentukan kelanjutan pendidikan. Kuliah akan mendatangkan manfaat besar jika kita bisa memanfaatkan dengan benar, tapi kuliah juga bisa mendatangkan kerugian jika ... (ah, yang ini mah ada di "belajar" bukan sekedar jadi anak sekolahan … OKEH …).

1 komentar: